Berita Indonesia Terlengkap & Mantap

Informasi Berita berdasarkan Fakta

AGUNGPOKER-AGENPOKERTERPERCAYA
AGUNGPOKER-AGENPOKERTERPERCAYA

Breaking

Tuesday, August 29, 2017

16 Ribu Jemaah Haji Indonesia Laksanakan Tarwiyah di Mina

16 Ribu Jemaah Haji Indonesia Laksanakan Tarwiyah di Mina - Sebanyak 16 ribu jemaah haji Indonesia akan melaksanakan tarwiyah, meski pemerintah tidak merekomendasikan dan memfasilitasi.


Tarwiyah adalah menginap (mabit) di Mina pada 8 Dzulhijah atau Minggu, 30 Agustus 2017, sebelum wukuf di Padang Arafah.

Jemaah akan menunaikan salat zuhur hingga subuh di Mina. Mereka tidak meninggalkan Mina sebelum terbit matahari pada hari Arafah.

Pantauan Liputan6.com, sejak Selasa malam, 29 Agustus hingga Rabu dini hari 30 Agustus 2017, jemaah haji dari kloter 047 Jakarta-Bekasi (JKS 047) dan 059 Embarkasi Jakarta (JKG 59), bersiap-siap di pemondokan untuk melaksanakan tarwiyah di Mina.

Jemaah haji yang mengikuti tarwiyah dikenakan biaya 250 riyal oleh maktab, dan sebagian lainnya harga bisa variatif. Fasilitas yang diperoleh berupa transportasi ke Mina dan dari Mina ke Arafah. Jemaah juga akan mendapat makan dua kali.

Kepala Seksi Bimbingan Ibadah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Mekah, Ansor Sanusi, mengatakan, jumlah 16.000 jemaah tersebut terverifikasi per Senin 28 Agustus lalu pukul 17.00 waktu Arab Saudi.

Ansor mengatakan, meski pemerintah tak bisa melarang pelaksanaan tarwiyah bagi sebagian jemaah haji, namun pihaknya menekankan penanggungjawab tarwiyah harus memastikan jemaah dalam keadaan sehat.

"Kita sudah buat mekanisme surat pernyataan bermaterai secara kolektif," kata Ansor di Kantor Daker Mekah.

Hukum Tarwiyah


Jemaah haji Indonesia akan mulai digerakan menuju Arafah pada hari ini, atau bertepatan dengan 8 Zulhijah 1438 H. Pada saat yang sama, sebagian jemaah ada yang bergerak menuju Mina untuk tarwiyah atau menginap di Mina.

Tidak semua jemaah Indonesia melakukan Tarwiyah. Sekretaris Komisi Fatwa MUI yang juga Anggota Amirul Hajj, Asrorun Ni’am menjelaskan, tarwiyah adalah menginap (mabit) di Mina pada 8 Zulhijah, sebelum wukuf di Padang Arafah.

"Jemaah akan menunaikan salat Zuhur, Asar, Maghrib, Isya, dan Subuh di Mina. Mereka tidak meninggalkan Mina sebelum terbit matahari di hari Arafah. Hukum melaksanakan Tarwiyah adalah sunah," jelas Ni'am di Mekah, Selasa, 29 Agustus 2017.



Wukuf adalah rukun haji. Karenanya, seluruh jemaah haji Indonesia harus dipastikan sudah berada di Arafah sebelum pelaksanaan wukuf (Zuhur tanggal 9 Zulhijah).

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.