Berita Indonesia Terlengkap & Mantap

Informasi Berita berdasarkan Fakta

AGUNGPOKER-AGENPOKERTERPERCAYA
AGUNGPOKER-AGENPOKERTERPERCAYA

Breaking

Tuesday, August 29, 2017

Penjelasan Ilmiah BMKG soal Hujan Satu Rumah di Tebet

Penjelasan Ilmiah BMKG soal Hujan Satu Rumah di Tebet - Fenomena alam terjadi di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Dalam sebuah video yang diunggah akun @febicil, memperlihatkan hujan hanya membasahi satu rumah, sedangkan bangunan di kanan dan kirinya kering kerontang.



Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Hary Tirto Djatmiko angkat bicara terkait kejadian alam itu. Menurut dia, peristiwa itu sangat mungkin terjadi.

"Jika ditinjau dari sisi fenomena cuaca hujan lokal, bahkan sangat lokal dimungkinkan terjadi. Namun dengan syarat dan ketentuan berlaku di mana parameter cuacanya terpenuhi," ujar Hary saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Dia juga menjelaskan ketentuan yang harus dipenuhi agar hujan lokal itu terjadi. Menurutnya, hujan lokal tergantung dari penguapan, suhu, dan kelembapan udara. Selain itu, kecepatan angin dan awan juga turut mempengaruhi munculnya hujan sangat lokal tersebut.

"Fenomena tersebut bisa terjadi pada masa transisi/pancaroba maupun musim kemarau, biasanya terjadi antara siang dan menjelang malam dengan durasi singkat (tidak lama)," kata dia.

Di samping itu, jelas dia, beberapa hari belakangan ini cuaca diselimuti angin kencang yang di atas rata-rata. Kondisi ini membuat potensi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan sangat kecil.



"Jadi ada syarat parameter cuaca tidak terpenuhi yaitu angin kencang dan kelembaban yang relatif cukup lemba, sehingga kemungkinan kecil sekali dan sulit terjadi kalau kejadian sifatnya alami," jelas Hary.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.